Segala puji bagi Allah yang telah mempertemukan kita lewat blog ini,Semoga sholawat dan salam selalu tercurah kepada nabi kita Muhammad beserta keluarganya sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya sampai hari kiamat.

Kamis, 01 Agustus 2013

Macam-Macam Sujud

Pada kesempatan kali ini koko ingin berbagi tentang macam-macam sujud, dan bagaimana tata cara pelaksanaanya serta doanya..
yuk., kita simak dan kita terapkan dalam kehidupan kita :)

1.Sujud Sahwi

yaitu sujud yang dikerjakan karena lupa mengerjakan sesuatu yang sunah di dalam shalat, seperti lupa mengerjakan tahiyyat awal, membaca doa qunut.

Cara mengerjakanya ialah: Sesudah membaca bacaan Tahiyyat akhir, sebelum salam supaya sujud 2 kali dan sesudahnya terus salam.

Bacaan dalam sujud Sahwi ini ialah 

SUBHAANA MANLAA YANAAMU WALAA YASHU.
"Maha suci Allah yang tidak tidur dan lupa".

2. Sujud Tilawah.

yaitu sujud yang di kerjakan karena membaca ayat-ayat Qur'an yang tertentu, seperti membaca surat Sajadah(yang berlutut).

Cara mengerjakanya ada dua macam, yaitu:

a. Apabila dalam shalat, maka ketika sampai pada ayatnya terus turun dari berdiri untuk sujud. Dan apabila telah selesai, terus berdiri untuk menyempurnakan rakaat.

b. Apabila di luar shalat maka ketika sampai pada ayatnya, kemudian niat bersujud Tilawah dan bertakbir (seperti Takbiratul ihram) dengan mengangkat kedua tanganya, lalu bersujud dengan membaca takbir. apabila telah selesai membaca bacaanya, kemudian bangkit dari sujud dengan bertakbir dan terus duduk lalu salam.

ketika shalat subuh pada malam jum'at disunahkan membacaa surat sajadah dalam rokaat pertama, surat dahri dalam rakaat yang kedua.
  Ketika membaca surat Sajadah telah sampai pada ayat:
(INNAMAA YU'MINU BIAAYAATINALLADZIINA  s/d. WAHUM LAA YASTAKBIRUUN).
maka sujudlah sekali (namanya sujud tilawah).

Dalam sujud tilawah itu, inilah yang di baca:
(SAJADA WAJHIYALILLADZII KHALAQAHU WASHAWWARAHU WASYAQQA SAM'AHU WABASHARAHU BIHAULIHI WAQUWWATIHI FATABAARAKALLHU AHSANUL KHALIQIIN).
artinya:
Telah bersujud mukaku kepada tuhan yang menjadikannya, yang merupakannya, yang membelah pendengarannya dan kedua matanya/dan penglihatanya dengan daya upaya dan kekuatan Allah. Maha berkah Allah yaitu sebaik-baiknya Dzat Pencipta..

     Jika telah selesai membaca bacaan tersebut, bangkitlah dari sujud untuk melanjutkan surat SAJADAH hinga akhir surat..

Keterangan:
    Yang mengerjakan sujud Tilawah ini ialah orang yang membaca maupun yang mendengarkanya.

3.Sujud Syukur:

   Yaitu mengerjakan sujud ketika mandapat anugerah nikmat dari Allah SWT. atau ketika terlepas dari musibah.

  Caranya mengerjakanya adalah seperti mengerjakan sujud Tilawah di luar Shalat. Sedang bacaannya pun sama dengan bacaan sujud Tilawah. Sujud Syukur ini dapat di kerjakan tiap-tiap mendapat anugerah dari Allah baik ketika di rumah maupun dalam bepergian.

Perhatian:
   Dalam mengerjakan sujud Tilawah di luar Shalat dan sujud Syukur itu diperlukan syarat-syarat sebaagai berikut:
a. Harus menghadap qiblat.
b Suci hadats besar maupun kecil.
c. Suci dari najis, baik pakaiannya, tempatnya dan badannya..

Semoga bermanfaat., :)

Tidak ada komentar: